July 27, 2013

Arwana Hibrida

0 komentar


Untuk menghasilkan kualitas warna sisik yang fantastis dan menghasilkan varian baru, para penangkar Arwana melakukan kawin silang (hibridisasi) terhadap 2 spesies ikan Arwana berbeda. Warna sisik Arwana Hibrida hasil kawin silang ini sangat unik dan eksotis yang didominasi oleh warna coklat gelap keemasan.

Arwana yang sering disilangkan adalah jenis Crossback (endemik Malaysia) dengan Red Tail Golden (endemik Indonesia). Keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Jenis Crossback memiliki kelebihan pada warna sisik emasnya yang lebih terang dan merata hingga punggung. Sedangkan Red Tail Golden memiliki keunggulan pada postur tubuhnya yang lebih besar dan daya tahan tubuhnya yang tinggi.

arwana_hibrida
Arwana Hibrida. Crossback Splendour adalah hasil persilangan antara Crossback Golden x Grade 1 Super Red (atas dan tengah) . Supreme Red Tail Golden (Crossback Golden x Premium Red Tail Golden) (bawah). Sumber: http://www.otf.com.sg/species.htm.


Persilangan antara Crossback atau Red Tail Golden dengan Super Red biasanya menghasilkan Arwana dengan sisik yang lebih cerah dibandingkan Red Tail Golden x Crossback. Beberapa contoh Arwana hibrida dapat dilihat pada Gambar diatas.

Varian hibrida Crossback Splendour berasal dari hasil kawin silang antara Crossback dengan Super Red Grade 1 . Jika Crossback disilangkan dengan Red Tail Golden hasilnya adalah Premium Red Tail Golden. Varian Premium Red Tail Golden yang disilangkan dengan Crossback menghasilkan Supreme Red Tail Golden.

Arwana hibrida memiliki warna yang unik dengan jumlah yang terbatas. Hibrida ini juga berasal dari induk yang diseleksi khusus. Oleh karena itu harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan Red Tail Golden biasa. Bahkan harga Arwana hibrida ini rata-rata sama dengan harga Crossback, yaitu dikisaran 15-30 juta rupiah.



Artikel Terkait :



Leave a Reply