November 16, 2014

Cara Menetralkan Air pH Asam dan pH Basa

0 komentar


pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan dalam hal ini adalah air sebagai media budidaya perikanan. pH didefinisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hidrogen (H+) yang terlarut. Koefisien aktivitas ion hidrogen tidak dapat diukur secara eksperimental, sehingga nilainya didasarkan pada perhitungan teoritis. Skala pH bersifat relatif bukan bersifat absolut, nilai skalanya ditentukan berdasarkan persetujuan internasional.

Air murni bersifat netral, dengan pH-nya pada suhu 25 °C ditetapkan sebagai 7,0. Larutan dengan pH kurang daripada tujuh disebut bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih daripada tujuh dikatakan bersifat basa atau alkali.

1. Cara Menetralkan Air yang ber-pH Asam

Untuk menetrakan air yang memiliki pH asam dibutuhkan bubuk Kalsium (Ca) ataupun bahan yang mengandung Kalsium (Ca). Banyak sekali bahan sumber kalsium yang bisa didapatkan:
  • Dengan menambahkan aksesoris kolam berupa batuan kapur (limestone), kerang2an, cangkang siput/keong.
  • Bubuk Kalsium Karbonat dari toko kimia.
  • Bubuk Kalsium dari kapur yang biasa digunakan dalam agrikultur/ kapur pertanian, seperti Dolomit ataupun Kalsit sebanyak 150 gram/m3.
  • Bubuk kalsium dari cangkang telur yag dikeringkan dan ditumbuk.
  • Tablet kalsium di apotek, dengan nama ‘Calc’.
  • Dengan mengganti volume air kolam.

Ketika pH air menjadi ASAM akibat sisa metabolisme ikan ataupun dari sumber lainnya, maka kalsium akan bereaksi dan menaikkan pH kembali seperti semula ke posisi pH Netral.

2. Cara Menetralkan Air yang ber-pH Basa

Untuk menetrakan air yang memiliki pH basa dibutuhkan bahan-bahan organik, seperti gambut (peat), peat moss, kayu-kayuan, dan daun-daunan. Yang paling mudah untuk menurunkan pH basa adalah dengan bantuan daun Ketapang (terminalia catappa) yang biasa digunakan untuk ikan Betta (cupang). Atau juga bisa beli ‘Blackwater essence’.

Tags:



Artikel Terkait :



Leave a Reply